Enter your keyword

Tinjauan Menkumham Ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dalam Lawatan Safari Ramadhan 2016

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Tinjauan Menkumham Ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dalam Lawatan Safari Ramadhan 2016

Tinjauan Menkumham Ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dalam Lawatan Safari Ramadhan 2016

Jakarta_Info, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengunjungi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta meninjau kesiapannya dengan didampingi oleh staf khusus Menteri, Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal Direktur Jenderal Imigrasi, Kakanwil kemenkumham DKI Jakarta, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta dan dari pihak otoritas bandara soekarno hatta pada Jum’at (24/06) petang. Dalam kunjungannya, Menkumham menilai Terminal 3 sudah cukup baik “Kalau kita lihat ruang antreannya, area imigrasinya cukup luas spacenya. Cukup baiklah, artinya dalam kondisi sekarang saya rasa cukup memadai,” Ia menjelaskan, apabila kedepannya dibutuhkan ruang yang lebih luas lagi pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta yakni PT.Angkasa Pura II.

Menteri Yasonna mengatakan telah menyiapkan petugas imigrasi jelang operasi Terminal 3 Bandara Soetta, petugas yang tengah dipersiapkan sebanyak 120 orang yang telah menempuh pendidikan keimigrasian, yang dipersiapkan jika perkembangan jumlah penumpang yang semakin pesat. Menurut Pihak PT. Angkasa Pura II, untuk saat ini area Keimigrasian di Terminal 3 (Internasional) yang nantinya dapat melayani penumpang sebanyak 25 juta per tahun.“Target penumpang sebanyak 25 juta per tahun, saya rasa sudah cukup memadai. Memang sekarang belum bisa beroperasional, masih dalam tahap perbaikan-perbaikan,” katanya. Sedangkan terminal domestik sambung PT. Angkasa Pura II, sudah mulai tertata dengan baik. “Terminal domestik sudah tertata dengan baik dan siap untuk dioperasikan.Tetapi ada kendala-kendala yang menurut Menteri Perhubungan masih perlu diperbaiki dan dijaga sedemikian rupa supaya jangan sampai ada aturan -aturan yang kurang karena harus sesuai dengan standar ICAO,” imbuhnya.

Soft Launching Terminal 3 untuk Keberangkatan dan Kedatangan Internasional diprediksi akan beroperasi pada bulan September 2016. Menkumham mengatakan “Nanti kalau sudah dioperasikan untuk internasional yang diprediksi bulan sembilan (September), kita sudah siap”. Kita sedang menyiapkan petugas karena memerlukan penambahan petugas yang lebih banyak,” Dikatakannya, jumlah petugas yang dibutuhkan akan lebih banyak karena bekerja menggunakan sistem shift. Usai meninjau terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Menkumham melanjutkan rangkaian kegiatan safari ramadhan Tahun 2016. Di akhir kegiatan safari ramadhan Menkumham dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Direktur Jenderal Imigrasi, Kakanwil DKI Jakarta dan Kakanim Kelas I Khusus Soekarno Hatta melakukan Press conference tentang kesiapan petugas imigrasi yang akan ditempatkan pada terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. (sumber : Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta )