Enter your keyword

Sosialisasi APOA

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Sosialisasi APOA

Bertempat di Ruang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta pada hari Rabu, 20 Juli 2016, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta mengadakan sosialisasi APOA. Acara diikuti oleh perwakilan 19 hotel/apartemen/penginapan yang berada di wilayah Cengkareng dan Kalideres. Acara diawali dengan pembukaan dari Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian selaku moderator, Bapak Barron Ichsan, Amd. Im, S.H, M.Si., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta, Bapak Drs. Alif Suaidi, M.Si dan sambutan dari Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah DKI Jakarta, Bapak Yudanus Dekiwanto, S.H, M.H.

Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan sebelumnya terdapat laporan bulanan mengenai laporan manual terkait pelaporan Orang Asing, dan saat ini lebih dipermudah dengan adanya Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA). “APOA ini bertujuan untuk mendapatkan informasi awal mengenai keberadaan Orang Asing di suatu wilayah” ujarnya.

Pada kesempatan berikutnya, Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian menyampaikan dasar hukum APOA berdasarkan pasal 72 UU No. 6 tahun 2011 tentang keimigrasian. APOA yang berbasis online ini membantu pelaporan maupun pengawasan keberadaan Orang Asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi menjadi lebih cepat dan mudah. “Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pelapor, memberikan kemudahan kepada Kantor Imigrasi dalam melaksanakan tugas khususnya memberikan perlindungan terhadap Orang Asing, sebagai fasilitas terhadap masyarakaat atau pelapor dalam membantu Imigrasi untuk melakukan penegakan hukum terhadap Orang Asing yang bermasalah” ujarnya.

Pemaparan dilanjutkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta mengenai APOA. Dengan diadakannya sosialisasi ini merupakan tahap awal yang ditempuh untuk memberitahu / memberikan sosialisasi kepada pemangku kepentingan mengenai aplikasi ini. Melalui sosialisasi ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta mengajak semua peserta untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menerapkan aplikasi APOA ini demi terciptanya ketertiban masyarakat. Kontributor : Decy Andriany