Enter your keyword

IMIGRASI SOEKARNO-HATTA TOLAK 15 WNA

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

IMIGRASI SOEKARNO-HATTA TOLAK 15 WNA

IMIGRASI SOEKARNO-HATTA TOLAK 15 WNA

IMIGRASI SOEKARNO-HATTA TOLAK 15 WNA

(12/2) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menolak 15 Warga Negara Asing (WNA) di Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Diantaranya berinisial JCA, MD, ODM, KB, DJ yang sebagaian besar berasal dari Negara Senegal dan Ghana. Mereka tiba di Jakarta dari Bangkok pada tanggal 12 Februari 2019, pukul 18.25 WIB, menggunakan pesawat Ethiopian Airlines  dengan nomor penerbangan ET 628.

Mereka diamankan karena dicurigai menggunakan paspor palsu, setelah petugas melakukan investigasi lebih lanjut. Saat diwawancara, mereka memberikan keterangan yang berbelit-belit tentang tujuannya datang ke Indonesia. Dari hasil pemeriksaan paspor yang diduga palsu, ditemukan sampul paspor yang tidak presisi, jahitan paspor tidak rapih dan hasil cetakan pada halaman biodata yang mencurigakan. Berdasarkan hasil investigasi tersebut, ke-15 WNA pun diserahkan ke pihak  Ethiopian Airlines untuk dilakukan proses pemulangan (deportasi) dengan nomor penerbangan ET 629, pukul 20:40, di hari yang sama.

Keputusan ini diambil sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan berdasarkan Konvensi Penerbangan Sipil Internasional Annex 9, bahwa negara yang terakhir yang ditinggali dan paling akhir dikunjungi, dihimbau untuk menerima kembali penumpang tersebut setelah ditolak Pejabat Imigrasi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.