Enter your keyword

PEMEGANG PASPOR ELEKTRONIK, BEBAS VISA KE JEPANG ?

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

PEMEGANG PASPOR ELEKTRONIK, BEBAS VISA KE JEPANG ?

PEMEGANG PASPOR ELEKTRONIK, BEBAS VISA KE JEPANG ?

PEMEGANG PASPOR ELEKTRONIK, BEBAS VISA KE JEPANG ?

Kebijakan pemberian Bebas Visa Kunjungan ke Jepang bagi pemegang Paspor WNI elektronik (e-Passport) sesuai standar ICAO (International Civil Aviation Organization),  berlaku sejak 1 Desember 2014. Dengan terwujudnya kebijakan ini diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral Indonesia-Jepang dalam berbagai aspek, salah satunya adalah pariwisata.

WNI pemegang paspor elektronik dapat melakukan registrasi di Kantor Perwakilan Negara Jepang (Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal Jepang/Kantor Konsulat Jepang) di Indonesia sebelum keberangkatan ke Jepang. Bebas Visa ini hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari, bila berencana untuk tinggal lebih dari 15 hari, atau tujuan bekerja di Jepang, wajib mengajukan permohonan Visa dengan mengikuti peraturan yang berlaku. (info lebih lanjut mengenai tata cara registrasi paspor elektronik pra keberangkatan ke Jepang silahkan kunjungi : https://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html)

Sejak kebijakan ini diterapkan di Indonesia, jumlah penerbitan paspor elektronik meningkat secara signifikan. Di tahun 2015 tercatat 86.027 paspor elektronik diterbitkan. Kemudian di tahun 2016 meningkat 42% menjadi 122.673 dan di tahun 2017 meningkat 415 menjadi 153.056 penerbitan paspor elektronik.

Bagi masyarakat yang akan membuat paspor elektronik dapat diajukan di kantor imigrasi berikut:

  1. Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta
  2. Kantor Imigrasi Jakarta Barat
  3. Kantor Imigrasi Jakarta Selatan
  4. Kantor Imigrasi Jakarta Pusat
  5. Kantor Imigrasi Jakarta Timur
  6. Kantor Imigrasi Jakarta Utara
  7. Kantor Imigrasi Tanjung Priuk
  8. Kantor Imigrasi Surabaya
  9. Kantor Imigrasi Batam