Enter your keyword

REKAM JEJAK KINERJA IMIGRASI SOEKARNO-HATTA BULAN FEBRUARI 2019

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

REKAM JEJAK KINERJA IMIGRASI SOEKARNO-HATTA BULAN FEBRUARI 2019

REKAM JEJAK KINERJA IMIGRASI SOEKARNO-HATTA BULAN FEBRUARI 2019

REKAM JEJAK KINERJA IMIGRASI SOEKARNO-HATTA BULAN FEBRUARI 2019

Bulan Februari di tahun 2019 baru saja dilewati oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta. Banyak hal sudah dicapai kantor kami dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya, yaitu pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian. Dalam rangka mendukung keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta bertanggung jawab untuk merilis capaian kinerja bulan Februari 2019 pada bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Dokumen Perjalanan & Izin Tinggal Keimigrasian  (Doklanintalkim), Intelijen dan Penindakkan Keimigrasian (Inteldakim), dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM).

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, sebagai tempat melintasnya Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) untuk berinteraksi dengan dunia Internasional,  memiliki otoritas Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di bawah kewenangan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta dalam melakukan pemeriksaan keimigrasian. Dari data perlintasan di TPI Soekarno-Hatta tercatat sebanyak 347.212 WNI dan 219.045 WNA masuk Wilayah Indonesia, serta sebanyak 385.418 WNI dan 213.018 WNA keluar Wilayah Indonesia. Terdapat pula penolakan kedatangan masuk bagi 233 WNA dengan berbagai penyebab, pemberian 4.016 VITAS online kepada TKA, penundaan keberangkatan kepada 80 WNI bermasalah, dan penahanan terhadap 55 WNI TKI Non-prosedural.

Bidang Dokumen Perjalanan Izin Tinggal Keimigrasian  (Doklanintalkim) Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta telah mengeluarkan dokumen perjalanan bagi WNI maupun WNA, diantaranya adalah paspor, permohonan izin masuk dan izin tinggal bagi WNA, seperti Izin Tiggal Kunjungan (ITK), Visa on Arrival (VOA), Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Multiple Re-Entry Permit (MREP) dan permohonan Visa Tenaga Kerja Asing. Penerbitan paspor bagi WNI sebanyak 4.071 paspor, yang terdiri atas 2.005 paspor biasa dan 2.066 paspor elektronik. Perpanjangan ITK sebanyak 185 dokumen, perpanjangan VOA sebanyak 22 dokumen, pemberian KITAS 1 Tahun sebanyak 5 dokumen, KITAS 2 Tahun sebanyak 4 dokumen, perpanjangan KITAS 1 Tahun sebanyak 14 dokumen, permohonan MREP 1 Tahun sebanyak 1 dokumen, MREP 2 Tahun sebanyak 1 dokumen, laporan Visa TKA (2C11, 2C12, 2C13, 2C21, 2C22) sebanyak 12 dokumen dan non TKA (2C11, 2C21) sebanyak 13 dokumen.

Di Bidang Intelijen dan Penindakkan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta pun tak ketinggalan, tercatat ada 36 WNA yang menerima Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) dan 120 Surat Tanda Penerimaan (STP). Sedangkan, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) telah menyelesaikan sebanyak 1.326 pelayanan informasi keimigrasian dan 7 laporan pengaduan masyarakat yang masuk.

Diharapkan dari hasil kegiatan pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian yang telah diselesaikan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Soekarno Hatta pada bulan Februari 2019 dapat memotivasi seluruh Pegawai terkait untuk senantiasa meningkatkan terus performanya demi menghadirkan pelayanan prima bagi masyarakat.