Enter your keyword

Imigrasi Soekarno-Hatta Tolak Masuk Tiga WN Swedia

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Imigrasi Soekarno-Hatta Tolak Masuk Tiga WN Swedia

Imigrasi Soekarno-Hatta Tolak Masuk Tiga WN Swedia

Imigrasi Soekarno-Hatta Tolak Masuk Tiga WN Swedia

Selasa (5/3) pukul 22:30 WIB silam, Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta menolak masuk tiga Warga Negara (WN) berpaspor Swedia di Terminal 3 Kedatangan Internasional. Tiga WNA berpaspor Swedia tersebut berinisial BA, MS, dan RB. Ketiganya datang ke Indonesia menggunakan penerbangan Emirates Airlines dari Dubai menuju Indonesia.

Adapun Petugas Imigrasi menolak masuk ketiga WN karena Petugas mencurigai mereka menggunakan paspor Swedia palsu. Dilihat dari tekstur paspor yang tidak presisi. Selain itu, setelah melalui proses penyelidikan, ketiganya tidak bisa menunjukkan data penunjang jika mereka memang WN Swedia. Pada saat pemeriksaan ada tiga Petugas Imigrasi yang melakukan penahanan. Selanjutnya setelah diperiksa secara mendalam, ketiga WN Swedia tersebut langsung dipulangkan ke negara terakhir yang memberangkatkan mereka, yakni Dubai.

Adapun penolakan masuk terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang tidak menggunakan dokumen yang asli, maka termasuk dari Tugas dan Fungsi (Tusi) Imigrasi yakni dalam menjaga kedaulatan negara serta menegakkan hukum. Kedua Tusi tersebut salah satunya diwujudkan di TPI melalui pemeriksaan berbagai dokumen terhadap WNA atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan masuk atau keluar melalui pintu-pintu gerbang Indonesia.