Enter your keyword

Fasilitas Ramah HAM di Imigrasi Soekarno-Hatta

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Fasilitas Ramah HAM di Imigrasi Soekarno-Hatta

Fasilitas Ramah HAM di Imigrasi Soekarno-Hatta

Fasilitas Ramah HAM di Imigrasi Soekarno-Hatta

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta kini sudah menyediakan Fasilitas Ramah Hak Asasi Manusia (HAM), lho. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Nomor IMI-UM.0101-2435 TAHUN 2018 Tentang Pemberian Fasilitas Bagi Kelompok Rentan dalam Layanan Penerbitan Paspor Berdimensi Ramah Hak Asasi Manusia (HAM). Jadi jika Anda datang ke Kanim Soetta, maka kini telah tersedia kursi roda untuk pemohon paspor yang membutuhkan, tersedia juga ruang tunggu bagi pemohon yang tergolong kelompok rentan. Pada ruang tunggu khusus tersebut, ada booth dan petugas yang siap melayani pemohon untuk menerangkan atau membantu pengisian formulir permohonan paspor.

Selain ruang tunggu dan pendampingan dalam hal pengisian formulir, pemohon dengan kategori kelompok renta juga akan menerima nomor antrian khusus.Adapun sesuai dengan surat edaran, mereka yang berhak atas fasilitas ramah HAM adalah mereka yang termasuk dalam kategori Kelompok Rentan. Dan mereka yang termasuk dalam Kelompok Rentan adalah para penyandang disabilitas, lansia, balita serta ibu hamil dan atau menyusui. Namun, para penerima fasilitas tetap harus mendaftarkan diri melalui aplikasi atau website untuk mendapatkan antrian permohonan paspor terlebih dahulu.

Tujuan dari fasilitas ini sendiri adalah sebagai wujud dari pertanggungjawaban pemerintah dalam pemenuhan HAM, dalam rangka penghormatan, pemenuhan, pemajuan, pelindungan dan penegakan HAM. Sehingga diperlukan dimensi baru yang memberikan fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan sehingga tercipta keadilan dalam pelayanan kepada masyarakat.