Enter your keyword

PNBP TERBARU PELAYANAN KEIMIGRASIAN TAHUN 2019

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

PNBP TERBARU PELAYANAN KEIMIGRASIAN TAHUN 2019

PNBP TERBARU PELAYANAN KEIMIGRASIAN TAHUN 2019

Dalam rangka evaluasi atas besaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah berlaku sesuai dengan PP Nomor 45 Tahun 2016, maka pemerintah mengeluarkan PP Nomor 28 Tahun 2019  Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan mulai berlaku sejak 3 Mei 2019.

Dalam PP tersebut termasuk didalamnya adalah revisi atas biaya pelayanan keimigrasian tahun 2019. Adapun biaya layanan keimigrasian yang mengalamai perubahan antara lain biaya pembuatan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia, seperti paspor, biaya layanan pengajuan visa, baik visa kunjungan maupun visa tinggal terbatas, dan biaya perizinan keimigrasian, mencakup izin kunjungan, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, maupun izin masuk kembali. Selain itu ada pula perubahan pada besaran tarif beban keimigrasian, biaya KPP APEC, Affidavit, dan Surat Keterangan Keimigrasian.

Penentuan revisi atas besaran tarif PNBP tentu disesuaikan dengan perkembangan di lapangan termasuk juga kondisi ekonomi masyarakat. Sedangkan tujuan dari revisi tarif PNBP yang dilakukan pemerintah adalah untuk mengakomodir perubahan beban kerja administrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya revisi tersebut, maka pengelolaan PNBP akan semakin baik sehingga terjadi peningkatan dalam hal sistem maupun pengelolaan pelayanan keimigrasian.