Enter your keyword

E-LEARNING: TEROBOSAN DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN PEGAWAI

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

E-LEARNING: TEROBOSAN DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN PEGAWAI

E-LEARNING: TEROBOSAN DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN PEGAWAI

Setiap pegawai pemerintahan memiliki tanggunng jawab dan fungsi masing-masing di setiap satuan kerjanya. Hal ini menyebabkan setiap pegawai memiliki level kemampuan berbeda antara  pegawai satu dengan yang lain dalam hal kinerja, pola pikir, sikap dan hasil dalam bekerja. Untuk itu sebagai upaya melakukan pemerataan dan pengembangan kemampuan pegawai, institusi pemerintah dapat mengadakan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) yang kini telah memiliki wadah di institusi masing-masing. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah salah satu institusi yang memiliki Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sejak berdirinya BPSDM telah banyak meluluskan pegawai dengan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan fusngsinya. Dalam perkembangannnya, program yang dihadirkan BPSDM pun selalu berinovasi mengikuti kemajuan teknologi informasi, ditandai dengan diadakannya e-learning, yaitu pendidikan jarak jauh yang diadakan dengan menggabungkan prinsip pembelajaran dan teknologi informasi tanpa harus adanya tatap muka antara pengajar dan siswa.

Dengan adanya program e-learning, waktu pembelajaran lebih fleksibel dan pegawai tidak harus meninggalkan pekerjaannya. Hal ini pun dirasakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, dimana sejak tanggal 4 Maret 2019 hingga 24 Mei 2019, tak kurang dari 500 pegawainya mengikuti e-learning yang terbagi dalam 22 angkatan. Peserta yang mengikuti e-learning adalah pegawai yang baru dilantik menjadi PNS pada bulan Februari 2019 Materi yang diberikan pun ditujukan untuk penguatan dasar pengetahuan pegawai, yakni terdiri dari Materi Reformasi Birokrasi dan Administrasi Perkantoran Tingkat Dasar.

Manfaat yang dirasakan pegawai dengan adanya program e-learning adalah penambahan pengetahuan mengenai dasar perkantoran dan reformasi birokrasi terkait dengan pencanangan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Diharapkan dari pelatihan dan pendidikan tersebut, pegawai siap untuk mengaplikasikan materi yang telah diterima dalam pelatihan, dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.