Enter your keyword

IMIGRASI SOETTA IKUT DALAM KONFERENSI PERS PENYELUNDUPAN NARKOBA

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

IMIGRASI SOETTA IKUT DALAM KONFERENSI PERS PENYELUNDUPAN NARKOBA

IMIGRASI SOETTA IKUT DALAM KONFERENSI PERS PENYELUNDUPAN NARKOBA

Kamis, 11 Juni 2019, perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta ikut menghadiri konferensi pers yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe C Soekarno-Hatta. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai publikasi atas usahanya dalam melakukan 4 kali penggagalan penyelundupan narkoba selama kurun waktu Mei – Juni 2019. Usaha yang dapat terlaksana atas kesigapan petugas saat pemeriksaan serta pendalaman kasus yang dibantu oleh Bareskrim Polri dan pihak terkait.

Total sebanyak 4.651,75 gram Methamphetamin berhasil diamankan dari beberapa pelaku yang menggunakan modus berbeda. Mulai dari memasukan obat tersebut ke dalam perut, mengirimkannya dalam bentuk paket perlatan rumah tangga ke penerima di Indonesia, hingga membuatnya dalam bentuk kancing baju tradisional. Namun semua dapat digagalkan dan dilacak hingga ke penerimanya. Erwin Situmorang selaku Kepala KPU BC mengingatkan bahwa berdasarkan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, para pelaku dapat diancam dengan hukuman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum Rp 10 Milyar ditambah 1/3 dalam hal barang bukti melebihi 1 Kilogram.

Beliau menambahkan bahwa upaya pemberantasan narkotika ini bukan hanya merupakan tugas aparat hukum saja, melainkan juga dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam membendung peredaran narkotika dan melindungi generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan narkotika itu sendiri.