Enter your keyword

TERJARING OPERASI TIMPORA, 53 WNA TANPA DOKUMEN DIAMANKAN

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

TERJARING OPERASI TIMPORA, 53 WNA TANPA DOKUMEN DIAMANKAN

TERJARING OPERASI TIMPORA, 53 WNA TANPA DOKUMEN DIAMANKAN

Terjaring Operasi TIMPORA, 53 Wna Tanpa Dokumen Diamankan

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mengadakan Press Conference pada Jumat, 2 Agustus 2019 atas keberhasilannya mengamankan 53 orang Warga Negara Asing (WNA) yang diduga melakukan pelanggaran keimigrasian. Adapun ke-53 orang tersebut terdiri dari 40 orang warga Negara Nigeria, 2 orang warga Negara India, 4 orang warga negara Togo dan 7 orang warga Negara Ghana. Dari ke-53 orang tersebut, didapati 11 orang memiliki dokumen perjalanan yang masa berlaku izin tinggalnya telah habis. Sedangkan, sisa 42 orang didapati tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah. Mereka diamankan oleh Petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Soekarno-Hatta dibeberapa apartemen di wilayah kerja Kanim Soetta.

Petugas juga menyita barang penunjang bukti pelanggaran keimigrasian para WNA, yakni komputer jinjing sebanyak 23 buah, ponsel sebanyak 45 buah, modem sebanyak 11 buah, dompet 7 buah dan paspor 19 buah. Adapun penyitaan barang elektronik dilakukan karena ada indikasi dugaan para WNA yang diamankan melakukan aktivitas cyber crime di Indonesia. Pengamanan ini adalah bagian dari Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta. Tim tersebut terdiri dari Kepolisian Bandara, Cengkareng dan Kalideres; Koramil dan Babinsa wilayah Tangerang; BAIS TNI Soekarno-Hatta; Basarnas Soekarno-Hatta; Bea Cukai Soekarno-Hatta; KKP Soekarno-Hatta serta perwakilan dari Kelurahan yang berada di Kecamatan Cengkareng Timur dan Kalideres.

Operasi Gabungan Timpora ini sendiri sejalan dengan Pasal 69 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Juga Permenkumham RI Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing. Sehingga operasi ini merupakan amanat Undang-undang yang sudah menjadi kewajiban Tugas dan Fungsi Timpora dalam melakukan deteksi dini pencegahan dan penindakan terhadap WNA yang berpotensi mengganggu keamanan dan stabilitas nasional.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.