Enter your keyword

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN JULI 2019

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN JULI 2019

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN JULI 2019

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Dalam menjaga komitmen tersebut, diperlukan mekanisme untuk melakukan evaluasi kinerja atas pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pelayanan publik. Salah satu mekanisme yang digunakan adalah dengan mengadakan survei kepada masyarakat yang telah menggunakan atau menerima pelayanan keimigrasian. Teknis pelaksanaannya adalah dengan memberikan pesan kepada masyarakat untuk mengisi survei melalui SMS Gateway saat paspornya dapat diambil.

Survei yang dilakukan terkait dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atas pelaksanaan pelayanan keimigrasian yang diberikan. Untuk survei yang telah dilakukan selama bulan Juli 2019 didapatkan hasil penilaian IKM sebesar 86.94 dan IPK sebesar 85.94. Berdasarkan standar perhitungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham), kondisi tersebut masuk dalam kategori baik. Namun hasil tersebut mengalami penurunan dibanding dengan bulan Mei dengan hasil IKM 86.98 dan IPK 85.56.

Penurunan hasil survei tersebut dapat diakibatkan oleh banyak faktor yang tentunya menjadi tugas bagi segenap pegawai untuk memperbaiki kinerjanya. Adanya evaluasi berkala ini dapat menjaga ritme kerja pegawai agar senantiasa menghadirkan pelayanan keimigrasian yang sangat baik bagi masyarakat.