Enter your keyword

KANIM SOETTA MENGADAKAN PELATIHAN DOCUMENT FRAUD

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

KANIM SOETTA MENGADAKAN PELATIHAN DOCUMENT FRAUD

KANIM SOETTA MENGADAKAN PELATIHAN DOCUMENT FRAUD

Semakin maju teknologi informasi memberikan efek yang positif dalam mendukung kegiatan pemeriksaan keimigrasian. Namun efek negatif nya pun tak dapat terhindarkan, dimana banyak oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan teknologi mutakhir dalam membuat dokumen perjalanan palsu. Hal ini dapat mempersulit petugas dalam melakukan pemeriksaan keimigrasian, bahkan dikhawatirkan dapat mengecoh petugas pemeriksaan. Untuk itu, sebagai UPT yang memiliki Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang terbesar di Indonesia, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mengadakan pelatihan Document Fraud kepada pegawainya.

Pelatihan Document Fraud tersebut diadakan di Aula Kanim Soetta pada hari Senin, 9 September 2019. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah pegawai Kanim Soetta yang mayoritas bertugas di pemeriksaan keimigrasian. Setelah dibuka oleh Kepala Bidang TPI, Tessa Harumdilla, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi yang dibawakan oleh Narasumber dari Kedutaan Besar Jerman, Inggris, Australia, dan Kanada. Materi yang diberikan meliputi contoh kasus pemalsuan dokumen terkini, fitur pengamanan dokumen perjalanan, pemalsuan dalam paspor negara-negara Asia dan teknik pendeteksiannya, teknik pemeriksaan impostor, serta teknik pencegahan teror.

Untuk lebih mendalami materi tersebut, setiap peserta langsung diberikan contoh dengan melihat berbagai dokumen perjalanan yang telah dipalsukan. Dokumen palsu tersebut didapat dari penangkapan pelaku saat melintas di tempat pemeriksaan imigrasi. Dengan adanya pelatihan ini, setiap peserta harus lebih waspada dan teliti dalam kegiatan pemeriksaan untuk mengantisipasi akan adanya kasus serupa atau pun perkembangan dari kasus tersebut.