Enter your keyword

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN SEPTEMBER 2019

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN SEPTEMBER 2019

LAPORAN HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN INDEKS PERSEPSI KORUPSI BULAN SEPTEMBER 2019

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Dan Indeks Persepsi Korupsi Bulan September 2019

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Dalam menjaga komitmen tersebut, diperlukan mekanisme untuk melakukan evaluasi kinerja atas pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pelayanan publik. Salah satu mekanisme yang digunakan adalah dengan mengadakan survei kepada masyarakat yang telah menggunakan atau menerima pelayanan keimigrasian. Teknis pelaksanaannya adalah dengan memberikan pesan kepada masyarakat untuk mengisi survei melalui SMS Gateway saat paspornya dapat diambil. Survei yang dilakukan terkait dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atas pelaksanaan pelayanan keimigrasian yang diberikan. Untuk survei yang telah dilakukan selama bulan September 2019 didapatkan hasil penilaian IKM sebesar 87.98 dan IPK sebesar 87.11. Berdasarkan standar perhitungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham), kondisi tersebut masuk dalam kategori baik. Bila dibandingkan dengan bulan Juli 2019, hasil survei IKM mengalami peningkatan dari 86.33 dan hasil survei IPK mengalami penurunan dari 88.20.

Kondisi hasil survei tersebut dapat diakibatkan oleh banyak faktor yang tentunya menjadi tugas bagi segenap pegawai untuk memperbaiki kinerjanya. Adanya evaluasi berkala ini dapat menjaga ritme kerja pegawai agar senantiasa menghadirkan pelayanan keimigrasian yang sangat baik bagi masyarakat.