Enter your keyword

Alur Pendaftaran ABG

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Alur Pendaftaran ABG

Alur Pendaftaran ABG

Sobat Mido, jika Anda memiliki anak atau kerabat yang memiliki anak baru lahir dengan kondisi kedua orang tua salah satunya berwarganegara Indonesia dan yang satu lagi berwarganegara lain, maka di Indonesia anak tersebut disebut sebagai Anak Berkewarganegaraan Ganda (ABG). Nah, jika Anda termasuk baru dalam hal mengurus pendaftaran pendaftaran ABG informasi yang kami sajikan ini, mungkin bisa menjadi acuan.

Nah, sebelum memahami alur pendaftaran ABG, ada baiknya Anda persiapkan dulu persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan saat melakukan pendaftaran ABG.

1. Surat permohonan dari orang tua

2. Paspor asing anak yang sah dan masih berlaku (jika memiliki)

3. Surat kuasa bermaterai cukup dalam hal permohonan diajukan melalui surat kuasa

4. Akta lahir anak dan KTP orang tua WNI, fotocopy kartu keluarga orang tua WNI

5. Buku atau akte nikah yang sudah dilegalkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

6. Paspor orang tua yang berkewarganegaraan asing yang sah dan masih berlaku

Setelah persyaratan di atas dilengkapi, maka barulah proses pendaftaran dilaksanakan. Alur pendaftaran ABG sendiri dibagi ke dalam dua jenis pendaftaran. Yang pertama adalah ‘Kategori Anak dengan Paspor WNI’  dan yang kedua adalah ‘Anak dengan Paspor Asing dan Sudah Memiliki sertifikat  ABG’.

Bagi ABG dengan paspor WNI, maka yang pelru dilakukan adalah datang ke Kantor Imigrasi terdekat dengan domisili. Kemudian, Petugas Imigrasi dan mengecek kelengkapan entry data dan cetak tanda terima. Jika diperlukan, maka Kantor Imigrasi terkait bisa melakukan cek lapangan. Dengan atau tanpa cek lapangan, setelah orang tua ABG datang ke Kanim untuk memasukkan persayratan, maka persetujuab, penerbitan registrasi, pencetakan sertifikat, dan penandatangan oleh Kepala Kantor Imigrasi. Setelah itu, tahapan terakhir adalah penyerahan ke pemohon dan pemindaian sertifikat ABG. Maka dengan demikian sertifikat ABG terbit tanpa biaya.

Bagi ABG yang sudah memiliki paspor asing dan memiliki sertifikat ABG terlebih dahulu. Maka tetap perlu melakukan tahap permohonan ini sekali lagi untuk mendapatkan Fasilitas Keimigrasian (Faskim). Dengan persyaratan yang sama maka pemohon datang ke Kantor Imigrasi terdekat dengan domisili untuk dilakukan cek kelengkapan entry data dan pencetakan tanda terima. Kemudian pemohon diminta untuk menunggu proses selanjutnya. Jika diperlukan Kantor Imigrasi bisa melakukan cek lapangan. Kemudian dengan atau tanpa cek lapangan tahapan berikutnya adalah pengambilan data biometric ABG. Lalu proses persetujuan, penerbitan Faskim dan pencetakan kartu Faskim. Kemudian Penyerahan ke pemohon dan pemindaian Kartu Faskim. Kartu Faskim bisa didapatkan dengan tambahan biaya Rp 400.000.