Enter your keyword

MENGENAL NON-PUBLIC AREA BANDARA

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

MENGENAL NON-PUBLIC AREA BANDARA

MENGENAL NON-PUBLIC AREA BANDARA

Mengenal Non-Public Area Bandara

Ternyata tidak semua area di bandara bebas kamu masuki lho!
Ada area terbatas yang disebut sebagai Non-Public Area ( NPA), area ini bukanlah tempat umum yang bebas dimasuki. Akses NPA hanya diberikan kepada orang dengan tanda pengenal khusus terbitan Kantor Otoritas Bandar Udara. Penasaran kan area mana saja yang masuk kedalam NPA?

  1. APRON / PLATFORM
    Pasti kamu pernah melihat pesawat yang sedang parkir dan menurunkan muatan bagasi, nah saat itu pesawat sedang berada di apron/ platform. Apron adalah area yang ditentukan untuk menempatkan pesawat udara, menurunkan dan menaikkan penumpang, kargo, pos, pengisian bahan bakar, dan parkir.
  2. FASILITAS VITAL
    Pernahkah kamu mengamati bangunan yang paling tinggi di bandara? Bangunan ini disebut sebagai menara Air Traffic Control (ATC). Menara ATC adalah salah satu vasilitas vital bandara yang tertutup untuk umum. Selain menara ATC kamu juga dilarang memasuki Gedung Radar, Gedung Listrik, Gedung Pemancar dan Penerima, Gedung PKP-PK, Gedung Meteorologi, Landasan, Taxi Way, maupun Peralatan Penunjang Navigasi Penerbangan.
  3. GUDANG KARGO
    Paket yang akan kamu terima / kirim melalui pesawat harus diproses terlebih dahulu di gudang kargo. Barangmu akan melewati proses pemeriksaan barang, pemeriksaan dokumen, dan pengemasan.
  4. AREA CIQ (Custom, Immigration, Quarantine)
    Petugas bea cukai, imigrasi, dan karantina bertanggung jawab atas area CIQ. Unsur ketiganya terlibat dalam pemeriksaan barang bawaan, dokumen perjalanan, dan kesehatan penumpang pada setiap penerbangan internasional. Sebagai penumpang kamu dilarang memberikan keterangan palsu dan mendokumentasikan protokol pemeriksaan.

Area NPA didukung dengan sistem keamanan yang canggih. Setiap pintu akses dijaga oleh petugas Aviation Secucrity, dilengkapi scaner sinar X, dan dipantau CCTV selama 24 jam nonstop. Untuk kamu yang penasaran jangan coba-coba masuk ke wilayah NPA tanpa izin ya!

https://lifestyle.okezone.com/read/2014/07/16/407/1013616/terbaik-di-dunia-garuda-indonesia-kalahkan-etihad-lufthansa
https://twitter.com/airnav_official/status/773351196346097664
https://www.airportcargo.ca