Enter your keyword

Kini, Ga Bingung Lagi Urus Paspor Rusak atau Hilang di Kanim Soetta

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Kini, Ga Bingung Lagi Urus Paspor Rusak atau Hilang di Kanim Soetta

Kini, Ga Bingung Lagi Urus Paspor Rusak atau Hilang di Kanim Soetta

Kini, Ga Bingung Lagi Urus Paspor Rusak atau Hilang di Kanim Soetta

Tahukah Sobat Mido, jika paspor Anda rusak atau hilang, ada beberapa tahapan yag harus dilakukan untuk membuat paspor baru. Perlu diketahui, adapun tujuan dari proses tersebut adalah untuk memastikan dan membedakan hilang atau rusaknya paspor karena faktor kesengajaan, kelalaian, atau memang karena musibah atau bencana. Jadi bukan untuk mempersulit pemohon, yah. Hal ini juga sebagai antisipasi sindikat kejahatan yang ingin melakukan tindak kejahatan dengan kepemilikan paspor Republik Indonesia (RI). Simak tahapan yang sudah Mimin siapkan berikut, yah :

  1. Membuat laporan kehilangan di Kantor Kepolisian setempat
  2. Membuat daftar antrean paspor online melalui aplikasi APAPO untuk mendapatkan jadwal Berita Acara Pemeriksaan (BAP)
  3. Datang sesuai jadwal yang ditentukan
  4. Penggantian paspor setelah proses BAP dan telah disetujui
  5. Membayar denda sesuai tarif yang berlaku
  6. Bila ditemukan unsur kelalaian, paspor dapat ditangguhkan 6 bulan hingga paling lama 2 tahun. Adapun hal ini dilakukan atas dasar paspor sendiri adalah dokumen negara yang dipinjamkan kepada masyarakat. Jadi pemegangnya wajib untuk menjaga paspornya dengan baik
  7. Nah, apabila paspor hilang / rusak di luar negeri, segera lapor perwakilan RI terdekat.

Jadi yang perlu dicatat Sobat Mido, jika proses permohonan penggantian paspor karena paspor hilang atau rusak adalah tetap melihat latar belakang dari kehilangan / kerusakan paspor tersebut, ya Sobat Mido. Semoga membantu!