Enter your keyword

CAPAIAN KINERJA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO-HATTA TAHUN 2020

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

CAPAIAN KINERJA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO-HATTA TAHUN 2020

CAPAIAN KINERJA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO-HATTA TAHUN 2020

CAPAIAN KINERJA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO-HATTATAHUN 2020

Merebaknya virus Covid-19 yang terjadi tidak hanya di Indonesia namun di berbagai negara lainnya juga turut mempengaruhi kebijakan perlintasan orang keluar dan/atau masuk wilayah Indonesia. Sebagai salah satu gerbang perlintasan arus keluar masuk orang dari dan menuju wilayah Indonesia melalui Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta memainkan peran strategis dalam menjalankan fungsi Keimigrasian.

Sepanjang periode Januari hingga Desember 2020 tercatat sebanyak 1.365.916 warga melintas masuk wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta. Jumlah ini terdiri dari 946.947 warga negara Indonesia dan 418.969 warga negara asing. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, terjadi penurunan kedatangan pelintas yang masuk ke wilayah Indonesia melalui TPI Soekarno-Hatta sebesar 82%. Beralih pada data keberangkatan, terdapat penurunan sebesar 83% jika dibandingkan dengan tahun 2019 yakni sebanyak 1.313.627 pelintas berangkat keluar wilayah Indonesia melalui TPI Soekarno-Hatta, jumlah ini terdiri dari 791.781 warga negara Indonesia dan 521.846 warga negara asing.

“Virus Covid-19 berpengaruh pada kebijakan perlintasan orang yang masuk maupun keluar wilayah Indonesia, sehingga terjadi penurunan perlintasan arus masuk dan keluar lewat Immigration check point Soetta di tahun ini”, ungkap Romi Yudianto Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta. Adapun 5 warga negara asing negara teratas yang melintas masuk melalui TPI Soekarno-Hatta adalah: RRT (China), Jepang, Malaysia, Singapura dan Korea Selatan.

Meskipun merebaknya virus Covid-19 masih terus terjadi di dalam negeri, namun pelayanan Keimigrasian tetap berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan panduan Pemerintah. Dalam hal pelayanan penerbitan dokumen perjalanan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah menerbitkan 18.065 paspor sepanjang tahun 2020.

Keterbukaan informasi kepada publik merupakan salah satu nilai yang dipegang oleh Kementerian Hukum dan HAM RI untuk memberikan pelayanan PASTI yang berbasis Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif. Sejalan dengan amanah Undang-Undang Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011 pasal 1 angka 3, fungsi Keimigrasian adalah bagian dari urusan pemerintahan negara dalam memberikan: 1) pelayanan Keimigrasian, 2) penegakan hukum, 3) keamanan negara, dan 4) fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat dapat mengakses halaman website maupun media sosial Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta untuk memperoleh berbagai informasi berkaitan dengan Keimigrasian.