Enter your keyword

Zona Integritas, manfaatnya bagi kita ?

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Zona Integritas, manfaatnya bagi kita ?

Zona Integritas, manfaatnya bagi kita ?

Zona Integritas, manfaatnya bagi kita ?

Zona Integritas (ZI) merupakan konsep yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita namun mungkin masih banyak yang belum mengerti makna dibalik lahirnya zona integritas ditengah-tengah perkembangan birokrasi pemerintahan saat ini. Sekilas info, predikat Zona Integritas (ZI) diberikan kepada Unit Kerja yang berhasil memenuhi checklist persyaratan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) diantaranya indikator manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan kualitas pelayanan publik . Sebagai perwujudan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), pembangunan ZI di lingkungan pemerintahan merupakan inisiasi positif dalam rangka mewujudkan komitmen pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi. Seperti semangat yang selalu digaung-gaungkan dalam pencanangannya, ZI bukan merupakan akhir perjalanan namun sebuah proses yang selalu berjalan dinamis dan berkelanjutan. Seperti apakah bentuk konkrit pelaksanaannya?

Praktek paling mudah dilihat dari penerapan ZI di lingkungan Instansi Pemerintah adalah dibentuknya Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan sudah berjalan sampai dengan saat ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa pungutan liar/pungli adalah penyakit yang sudah lama berakar pada sektor layanan publik dan lambat laun menjadi budaya yang menggerogoti kepercayaan masyarakat terhadap Aparatur Sipil Negara. Perbedaan korupsi dan pungli menurut penjelasan KPK RI terletak pada objek yang mengalami kerugian, dimana pidana korupsi yang mengalami kerugian adalah keuangan negara sedangkan pihak yang mengalami kerugian langsung dalam kasus pidana pungli adalah masyarakat.

Meskipun praktik pungli masih saja ditemukan dan beredar berdasarkan fakta pengaduan masyarakat yang ada, harapan untuk tumbuh lebih bagi embrio-embrio pemerintahan yang bersih masih tetap ada dan mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak. Selain Satgas Saber Pungli, masih banyak kegiatan lainnya yang mendukung predikat ZI melekat pada suatu unit kerja, misal dinilai dari keterbukaan informasi yang disediakan, kemudian adanya layanan whistleblowing system serta pengaduan masyarakat yang siap melayani baik melalui media online maupun offline. Hal mendasar yang dapat kita rasakan sebagai pengguna di kehidupan kita sehari-hari dengan adanya komitmen penetapan ZI adalah maraknya digital platform dalam hal pelayanan publik seperti layanan paspor online, pembayaran pajak seperti PBB online, pengaduan layanan transportasi umum secara online, pembelian tiket online, dan masih banyak fasilitas layanan publik lainnya yang dirasa meningkat kualitas pelayanannya dan berkurang budaya calo/punglinya.

Jika kita kaitkan dengan pekerjaan bidang infrastruktur, diterapkannya e-procurement dan e-catalogue dalam hal pengadaan barang dan jasa juga merupakan salah satu perwujudan menuju birokrasi pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Keterbukaan informasi publik melalui penggunaan teknologi informasi dalam layanan publik tersebut juga memicu persaingan sehat dalam dunia usaha karena berkurangnya aksi-aksi korupsi yang mempengaruhi aspek vital dalam kehidupan kita sehari-hari seperti kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan dan pelayanan transportasi . Tidak ada lelahnya kita selalu ingin tumbuh dan terbebas dari praktik KKN di negara tercinta ini, jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi? Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi?