Enter your keyword

Petugas Imigrasi Soetta Lakukan Pengecekan Lapangan Terhadap WNA Yang Melakukan Perubahan Data

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Petugas Imigrasi Soetta Lakukan Pengecekan Lapangan Terhadap WNA Yang Melakukan Perubahan Data

Petugas Imigrasi Soetta Lakukan Pengecekan Lapangan Terhadap WNA Yang Melakukan Perubahan Data

(Petugas Imigrasi memastikan kebenaran data yang diberikan oleh WNA asal Korea Selatan, Foto: Humas Kanim Soetta)

Jakarta, Imigrasi Soetta. Kamis, 13 Januari 2022, beberapa petugas imigrasi dari bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melakukan kegiatan pengecekan lapangan (CekLap) terhadap dua orang warga negara asing di lokasi yang berbeda. Kegiatan pengecekan lokasi ini merupakan kegiatan rutin dan penting yang dilakukan oleh petugas imigrasi ketika ada WNA yang mengajukan status perubahan izin tinggal atau perubahan alamat, sebagai wujud kegiatan intelijen dan pengawasan keimigrasian terhadap keberadaan WNA di wilayah RI. 

Kegiatan CekLap pertama dilakukan terhadap seorang warga negara Korea Selatan yang mengajukan perubahan izin tinggal dari ITAS ke ITAP, sedangkan kegiatan kedua dilakukan terhadap seorang warga negara Nigeria yang mengajukan perubahan alamat antar wilayah kerja Kantor Imigrasi. Melalui kegiatan ini petugas memastikan kebenaran data dan informasi yang disampaikan oleh WNA yang bersangkutan. 

(Petugas Imigrasi melakukan pengecekan terhadap alamat baru WNA asal Nigeria. Foto: Humas Kanim Soetta)

Setiap WNA yang tinggal di Indonesia diwajibkan untuk selalu patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku di Indonesia, utamanya terkait aturan Izin Tinggal Keimigrasian, setiap kali WNA ingin melakukan perubahan data maka diwajibkan untuk selalu melapor pada kantor imigrasi terdekat dari alamat tempat tinggal, begitu pula dengan Penjamin diwajibkan untuk selalu melaporkan setiap kali terdapat perubahan data terhadap WNA yang dijamin untuk tinggal di wilayah Indonesia.

Untuk berbagai informasi dan perkembangan terbaru terkait masalah keimigrasian dan kegiatan dari Kanim Soetta, pembaca dapat mengunjungi akun media sosial Kanim Soetta.