Enter your keyword

Himbauan Kepada Masyarakat Agar Selalu Update Terkait Aturan Terbaru Tentang Keimigrasian

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Himbauan Kepada Masyarakat Agar Selalu Update Terkait Aturan Terbaru Tentang Keimigrasian

Himbauan Kepada Masyarakat Agar Selalu Update Terkait Aturan Terbaru Tentang Keimigrasian

(Ilustrasi virus Covid-19 varian Omicron/Sumber foto: BBC)

Jakarta, Imigrasi Soetta. Laju perkembangan penyebaran virus covid-19 utamanya varian terbaru Omicron membawa dampak dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal aturan pengawasan orang keluar dan masuk kedalam suatu wilayah negara, termasuk di Indonesia. Keselamatan masyarakat dan upaya pemulihan perekonomian menjadi prioritas pemerintah dalam mengeluarkan aturan. 

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Imigrasi dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sudah beberapa kali mengeluarkan aturan terbaru terkait pembatasan orang masuk utamanya warga negara asing (WNA) ke wilayah Indonesia. Beberapa pengunjung website ini mungkin sudah merasakan sendiri terkait dampak dinamika perubahan yang ada. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat untuk selalu update terkait aturan terbaru yang keluar. 

(Ilustrasi bepergian antar negara ditengah pandemi/sumber foto: NothWalesLive)

Terkait aturan terbaru pembatasan sementara orang asing masuk ke wilayah Indonesia, Ditjen Imigrasi baru saja mengeluarkan surat edaran dengan Nomor IMI-0073.GR.01.01 Tahun 2022, yang berisi tentang pencabutan surat edaran Nomor IMI-0027.GR.01.01 Tahun 2022 tentang pembatasan sementara orang asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah beberapa negara tertentu terkait penyebaran varian baru Covid-19 B.1.1.529 (pembahasan terkait surat edaran ini dapat dibaca di https://soekarnohatta.imigrasi.go.id/2022/01/04/cegah-varian-baru-covid-19-b-1-1-529-direktorat-jenderal-imigrasi-berlakukan-pembatasan-masuk-sementara-bagi-wna/).

Masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan keluar negeri juga wajib untuk selalu update terkait regulasi negara tujuan, karena setiap negara memiliki kewenangan masing-masing terkait orang yang boleh masuk ke wilayah negara tersebut.

Untuk berbagai informasi dan perkembangan terbaru terkait masalah keimigrasian dan kegiatan dari Kanim Soetta, pembaca dapat mengunjungi akun media sosial Kanim Soetta.