Enter your keyword

Sepekan Dibuka: 820 WNA Tercatat Memasuki Indonesia dengan Visa On Arrival Lewat Bandara Soetta

Berita Kantor Imigrasi Soekarno - Hatta

Sepekan Dibuka: 820 WNA Tercatat Memasuki Indonesia dengan Visa On Arrival Lewat Bandara Soetta

Sepekan Dibuka: 820 WNA Tercatat Memasuki Indonesia dengan Visa On Arrival Lewat Bandara Soetta

Ilustrasi Petugas Imigrasi di Konter Pemeriksaan Visa On Arrival (VOA) (Sumber Foto: Humas Kanim Soetta)

Jakarta, Imigrasi Soetta. Sejak diberlakukannya fasilitas Keimigrasian berupa Bebas Visa Kunjungan serta Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa on Arrival) Khusus Wisata (BVKKW dan VKSKKW) pada 6 April lalu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno- Hatta mencatat sebanyak 820 WNA pengguna Visa On Arrival masuk ke wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga 12 April 2022.

Banyak warga negara asing yang memanfaatkan fasilitas ini untuk masuk ke Indonesia, jumlahnya terus meningkat”, ungkap Muhammad Tito Andrianto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta. Tito menambahkan bahwa perlintasan WNA yang menggunakan VoA untuk masuk wilayah Indonesia diperkirakan akan terus meningkat karena hampir dua tahun sejak pandemi Covid-19 melanda sejak 2020 fasilitas ini ditutup sementara.

Ilustrasi salah satu WNA yang menggunakan Visa On Arrival (VOA) (Sumber Foto: Humas Kanim Soetta)

Lima negara pelintas masuk terbesar yang menggunakan layanan VoA untuk masuk ke wilayah Indonesia melalui TPI Bandara Internasional Soekarno-Hatta antara lain yaitu, posisi pertama Amerika Serikat (119), kedua India (83), ketiga Perancis (75) disusul Belanda (63) dan Australia (59). Adapun jumlah WNA pelintas masuk lewat TPI Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Maret 2022 adalah sebanyak 10.323 sedangkan di bulan April (1-11 April 2022) sebanyak 14.311 pelintas.

Untuk mengantisipasi lonjakan WNA pengguna VoA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah menyiagakan enam konter VoA di area Imigrasi Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Direktorat Jenderal Imigrasi mulai 6 April 2022 memperluas cakupan kebijakan pemberian Bebas Visa Kunjungan serta Visa Kunjungan Saat Kedatangan/VoA Khusus Wisata (BVKKW/VKSKKW). Kebijakan baru ini diatur melalui Surat Edaran Kebijakan baru ini diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0549.GR.01.01 tanggal 5 April 2022 mengenai Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Melalui kebijakan terbaru ini, sembilan negara ASEAN dapat masuk dengan fasilitas Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW), sementara 43 negara dapat menggunakan fasilitas Keimigrasian melalui Visa Kunjungan Saat Kedatangan/VoA Khusus Wisata (VKSKKW). Imigrasi Soekarno-Hatta menjadi salah satu diantara tujuh tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara lainnya yang membuka fasilitas ini selain Ngurah Rai di Bali, Kualanamu di Sumatera Utara, Juanda di Jawa Timur, Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara dan Yogyakarta di DIY.

Untuk berbagai informasi dan perkembangan terbaru terkait masalah keimigrasian dan kegiatan dari Kanim Soetta, pembaca dapat mengunjungi akun media sosial Kanim Soetta. 

Comments (2)

  1. Avatar
    Siti Maulina Conte
    Apr 17, 2022

    Bapak dan Ibu yang terhormat, Mohon penjelasannya tentang Visa On Arrival untuk warga negara Amerika sudah boleh masuk melalui bandara Soekarno Hatta dan apa saja syaratnya, terima kasih akan keterangannya

    • Avatar
      Jimmy Asmoro
      Apr 18, 2022

      Halo, Ibu Siti. Untuk warga negara Amerika Serikat bisa menggunakan Visa on Arrival untuk masuk Indonesia, dengan ketentuan bahwa tujuan masuk ke Indonesia adalah untuk wisata atau kunjungan keluarga. Untuk syarat dan ketentuannya antara lain: Tiket PP, Booking Hotel, Asuransi Covid-19, serta datang dukung lainnya sesuai dengan maksud datang ke Indonesia. Untuk lebih update Ibu bisa mengikuti akun sosial media Kanim Soetta, terima kasih.