Enter your keyword

Perlintasan Autogate

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta

LAYANAN AUTOGATE DI TPI BANDARA SOEKARNO-HATTA

Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengimplementasikan kemudahan layanan pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi melalui sistem Autogate. Sistem Autogate adalah sarana pemeriksaan keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis bagi setiap Warga Negara Indonesia yang akan masuk dan keluar wilayah Indonesia dimana untuk membuka pintu tersebut terlebih dahulu diperlukan prosedur pemindaian paspor dan sidik jari yang tersedia pada peralatan Autogate.

Implementasi fasilitas sistem Autogate diberikan kepada Warga Negara Indonesia pemegang paspor elektronik maupun paspor non elektronik yang sudah terpasang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jika sebelumnya paspor non elektronik harus melalui tahapan registrasi terlebih dahulu jika ingin melintas pada Sistem Autogate yang ada di Bandara International Soekarno-Hatta. Kini para pengguna paspor biasa sudah tidak perlu lagi melakukan registrasi terlebih dahulu.

Manfaat implementasi sistem autogate :

– Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

– Mempermudah, mempercepat dan menyederhanakan proses pemeriksaan keimigrasian.

– Salah satu perwujudan tata nilai akuntabilitas dalam tubuh Ditjen Imigrasi.

– Meminimalisir interaksi petugas dengan masyarakat.

3 Langkah Mudah Menggunakan Autogate

1. Pindai / Scan Paspor

Keluarkan paspor dan siapkan bagian halaman data diri. Letakkan bagian data diri di atas mesin pemindai.

2. Rekam Sidik Jari

Setelah paspor dipindai/discan, maka pengguna akan diminta untuk melakukan perekaman sidik jari. Ikuti panduan sistem pada layar atau monitor.

3. Rekam Biometric Wajah

Setelah rekam sidik jari dilakukan maka selanjutnya adalah perekaman biometrik wajah pengguna. Mohon ikuti arahan yang disampaikan layar atau monitor juga. Jika tidak ada kendala, silahkan melewati Autogate.  Jika masih ada kendala, silahkan meminta bantuan kepada petugas.